Sunday, September 15, 2013

Merawat tanaman hias agar tetap indah

sumber : saria flora data base
Tanaman yang anda miliki merupakan bentuk kecintaan anda akan keindahan alam semesta, karena dengan memilikinya seseorang mempunyai karakter yang kuat namun fleksibel dan pintar menjaga diri, banyak pula dikalangan para pemilik tanaman hanya ikut-ikutan dan tidak mempunyai sense of beauty, mereka hanya memiliki namun tidak untuk merawatnya.

Padahal untuk merawat tanaman hias dirumah anda tidaklah begitu rumit ataupun banyak menyita waktu yang anda miliki, panduan perawatannyapun dapat kita dapatkan dari berbagai media baik elektronik maupun cetak, terlebih apabila anda mengikuti komunitas pecinta tanaman hias anda akan dimudakan dengan pengetahuan yang anda dapat dari komunitas tersebut.

Cara mudah merawat tanaman hias bagi anda yang memiliki taman adalah sebagai berikut :

  1. Siram tanaman anda minimal 1 hari sekali, baik pagi hari setelah anda berolah raga disekitar rumah, atau sore hari ketika sepulang kerja bagi anda yang bekerja.
  2. Perhatikan jenis tanaman anda apabila anda memilki jenis tanaman yang bervariasi, al ini berguna pada saat anda akan menyiram tanaman tersebut. apabila tanaman anda merupakan tanaman yang tidak tahan air banyak, jangan terlalu banyak menggunakan air apalagi sampai tegenang air. 
  3. Periksalah tanah pada tanaman anda, apabila terdapat tanaman liar yang tumbuh segera cabut tanpa merusak akar tanaman karena apabila tidak sering dicabut akan memperlambat pertumbuhannya.
  4. Selain memeriksa tanah dengan mencabut rumput liar, anda juga harus memperhatikan tanah yang lebih dalam guna mengetahui apakah cacing tanah banyak mengerumuni tanaman anda, karena akan merusak tanaman dan menjadikan tanaman tampak layu dan tidak segar untuk dipandang.
  5. Berilah pupuk 2 minggu sekali dan jangan terlalu banyak dalam menggunakannya, karena akan banyak cacing tanah yang hidup menempati setiap jengkal media tanam anda.
  6. Apabila masih terasa berat anda dapat memanggil jasa perawatan taman yang banyak terdapat didaerah pinggiran jakarta.

Sayangilah tanaman anda, jangan sia-siakan uang yang anda keluarkan untuk membeli tanaman mahal apalagi hanya sekedar bergaya-gaya dengan tetangga atau family anda. Karena semakin besar kecintaan anda pada tanaman dapat dilihat dari cara merawat tanaman tersebut, bukan dengan membeli dan membeli ketika ia mati.

Apabila anda pintar merawat tanaman pastilah keluarga anda merupakan orang yang beruntung, karena anda pintar juga merawat mereka.

Salam Flora

No comments: