Wednesday, September 11, 2013

Penghijauan Makam dengan Tanaman Kamboja atau Plumeria

tanaman kamboja
Penyedia tanaman Plumeria atau lebih dikenal dengan pohon Kamboja banyak terdapat di berbagai wilayah indonesia dan beberapa wilayah asia.


Nama kamboja sebetulnya sangat menyesatkan, karena dapat hanya diidentikkan dengan wilayah atau negara kamboja yang berada diasia tengara, tanaman ini banyak ditemui di area pemakaman atau perumahan, karena tanaman tersebut tahan air.
Sebutan lainya  adalah Mawar Padang Pasir (desert rose). Karena berasal dari daerah kering, tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering atau daerah yang tidak banyak terdapat air, disebut plumeria karena untuk menghormati sang penemu Charles Plumier (1646-1706) pakar botani dari prancis .Tanaman Kamboja atau plumeria sangat populer di pulau bali karena ditanam hampir disetiap sudut rumah masyarakat bali.
pohon kamoja
sumber merdeka.com
Entah sejak kapan awal mula tanaman kamboja sering di gunakan sebagai tanaman pelindung di banyak taman pemakaman di wilayah indonesia, hal ini menjadi pertanyaan besar karena hampir di setiap taman pemakaman atau kuburan 70%-80% nya meenggunakan tanaman tersebut dan juga dapat dijadikan tanaman hias untuk penghijauan di rumah agar tampak eksotis, karena sifatnya yang tahan air menjadikan perawatan penghijauan pada area pemakaman atau perumahan sendiri lebih mudah dan praktis sebagai landscape.

Padahal banyak pula tanaman-tanaman di indonesia yang tumbuh mempunyai spesifikasi yang hampir sama dengan tanaman kamboja (plumeria)  seperti tanaman sekulen  kaktus dan Gasteria serta ada juga lidah buaya, tanaman ini juga cantik diletakan pada tanah yang kering.

Jadi kita tidak perlu hanya menggunakan 1 varian tanaman saja, namun ada berbagai macam tanaman yang dapat kita tanam di lokasi yang berkontur tanah kering selain tanaman kamboja.

No comments: